Langkah Sederhana Memulai Gaya Hidup Sehat

Posted by Ngurah Jaya Antara on 0

Setiap orang ingin sehat dan berumur panjang tentunya. Gaya hidup sehat seharusnya sudah mulai diterapkan sejak dini. Namun, banyak yang gagal atau malas menjalani pola hidup tersebut karena dianggap sulit dan menyusahkan. Padahal, hidup sehat dapat dimulai dari melakukan hal – hal sederhana, tidak perlu dimulai dengan sesuatu yang berat. Yang pasti, kita harus meninggalkan beberapa kebiasaan buruk yang mungkin kita miliki dan sudah kita jalankan sejak lama. Untuk memulai, kita bisa mencoba dengan beberapa langkah di bawah ini.



1. Sarapan
Sebagian orang memilih untuk melewatkan sarapan karena mereka tidak punya waktu di pagi hari atau karena mereka berpikir bahwa sarapan pagi-pagi berat bagi pencernaan. Ada juga yang memilih untuk tidak makan karena mereka berpikir sarapan dapat mengganggu program diet mereka. Ini salah, karena sarapan penting untuk membuat metabolisme tubuh kita bekerja normal. 

2. Tidur dan Bangun Lebih Awal
Kelihatan sederhana namun sulit untuk kebanyakan orang (apalagi seperti saya seorang mahasiswa yang kadang suka begadang buat tugas kampus, belum ditambah kalau ada pertandingan bola langsung). Seharusnya, kita sudah pulas dari pukul 11 malam untuk membantu organ kita mencerna dengan sempurna. Jadi , lebih baik lagi kalau kita bisa berada di kasur dari pukul 22.00  sehingga tubuh kita dapat rileks sebelum tertidur pulas. Ini sangat penting untuk memastikan bahwa sistem pencernaan bekerja normal pada malam hari. Kalau kita tidur cepat, tentunya tidak sulit bagi kita untuk bangun pagi juga, misalnya pada pukul 6 atau 7 pagi. Biasanya, kita perlu tidur sekitar enam sampai delapan jam sehari. Bangun pagi-pagi membantu buang air besar normal, yang merupakan tanda bahwa sistem pencernaan bekerja dengan baik.

3. Kurangi Konsumsi Gula 
Rasa manis memang bisa lebih menarik di lidah, entah itu konsumsi teh dengan gula, sirup atau kue. Namun, sebaiknya mulai kurangi konsumsi gula. Gula dapat meningkatkan risiko obesitas, diabete dan juga jantung. Selain itu, konsumsi gula berlebih juga menyebabkan kulit cepat keriput. Molekul berbahaya yang terkandung dalam gula putih dapat merusak kolagen, komponen penting yang menjaga kulit tetap muda dan kenyal.

4. Makan Siang dengan Sayuran
Jika menu makan siang Anda lebih banyak sayuran segar dibandingkan nasi, daging atau telur, maka Anda telah mengurangi risiko terkena penyakit serius secara drastis. Orang-orang yang rajin makan sayur jarang terkena gangguan kesehatan seperti sakit jantung, diabetes atau kanker. Hasil studi dari World Health Organization menemukan bahwa 63 persen kematian di dunia pada 2008 disebabkan oleh tiga penyakit yang disebutkan di atas dan itu dipicu oleh pola makan tidak sehat. Sebagai perbandingan, orang yang budaya makannya berbabis sayuran sebagai makanan utama, masyarakatnya lebih jarang sakit ketimbang merkea yang hidup di lingkungan pemakan daging atau nasi.

5. Olahraga
Butuh beberapa waktu untuk mulai tekad berolahraga. Tapi , setelah kita mulai , biasanya malah kita akan merasa bahwa ada sesuatu yang hilang ketika kita tidak berolahraga. Sebagai pemula , kita tidak perlu untuk mulai berolahraga selama berjam-jam dalam satu hari. Hal ini dapat dimulai lima belas sampai dua puluh menit setiap hari . lalu, pada saat kita sudah terbiasa kita dapat meningkatkan jumlah waktu berolahraga sedikit-sedikit sesuai keinginan dan keperluan.

6. NO SMOKING!!!
Rokok merupakan racun yang mematikan namun sangat digemari oleh masyarakat. Secara tidak langsung merokok sama dengan memasukkan racun sedikit demi sedikit kedalam tubuh. Rokok mengandung ribuan racun dan bahan kimia. Ini berarti rokok akan membunuh kita perlahan-lahan setelah beberapa periode kita mengkonsumsi atau menghisap rokok tersebut. Hal yang sama juga terjadi dengan perokok pasif. Menjadi perokok pasif juga membahayakan kesehatan kita ketika kita menghirup asap rokok dari perokok aktif. Menurut banyak penelitian, perokok pasif menghirup zat dan gas beracun dari yang perokok aktif hembuskan ketika mereka merokok. Perokok pasif mendapatkan asap utama yang mengandung gas beracun tertentu yang biasanya secara alami disaring ketika perokok aktif merokok.

7. Minum Air Putih
Tubuh kita membutuhkan sejumlah cairan setiap hari. Biasanya, kita harus minum dua liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi dan untuk menjaga kebutuhan cairan kita. Beberapa orang mungkin berpikir ini gila saja karena kebanyakan, atau kebanyakan berpikiran malas karena akan bolak balik ke toilet. Ada juga yang memang tidak suka minum air putih. Namun, bila tidak suka minum air, sebenarnya kita dapat mengganti beberapa dari dua liter yang dibutuhkan dengan cairan lain seperti teh atau jus yang juga sehat. Yang paling penting adalah menjaga jumlah cairan yang diperlukan untuk masuk tubuh kita .


Itu tadi sekedar tips Langkah Sederhana Memulai Gaya Hidup Sehat yang dapat anda terapkan dalam kehidupan anda. Namun perlu diingat sehat atau tidak adalah pilihan Anda, jadi hidup anda adalah anda yang menentukan. Semoga dapat memotivasi Anda untuk memulai gaya hidup sehat J

Share this to

Facebook Google+ Twitter Digg

Tagged as:

GET UPDATES

Jangan sampai ketinggalan update terbaru. Subscribe dan dapatkan update langsung via email

Tentang Penulis

Ngurah Jaya Antara

BACA JUGA

Comments
0 Comments

0 comments:

TIPS KESEHATAN TERBARU

ARTIKEL KEPERAWATAN

TUTORIAL BLOGGER

VIEWER

MEMBER

© 2011-2014 Ngurah Jaya Antara. All rights reserved. Theme by Bloggertheme9
Blogger templates. Powered by Blogger.
back to top