Mitos yang Keliru Seputar Kesehatan

Posted by Ngurah Jaya Antara on 0

Sejumlah informasi tentang gizi dan makanan yang selama ini Anda pegang teguh ternyata belum sepenuhnya benar dari sisi medis. Sering kali informasi ini hanya berupa mitos dan omong kosong belaka. 


Nah, inilah beberapa Mitos yang Keliru Seputar Kesehatan :


Gula menyebabkan diabetes
Jika Anda diabetesi, Anda perlu memerhatikan asupan gula dan karbohidrat untuk menjaga kadar gula darah. Bila bukan diabetesi, asupan gula tak menyebabkan diabetes. Yang benar, diet tinggi kalori, termasuk banyak minum dan makan manis, kegemukan, dan tak pernah olahraga adalah faktor risiko utama penyebab penyakit diabetes tipe 2.

Lemak Berbahaya
Kita semua butuh lemak karena lemak membantu penyerapan vitamin A, D, E, K, transmisi saraf, dan menjaga integritas membran sel. Namun, ketika dikonsumsi berlebihan, lemak menyebabkan peningkatan berat badan, penyakit jantung, dan kanker. Tentu tidak semua lemak buruk. Pilihlah lemak baik yang disebut lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda dalam pola makan sehari-lemak. Lemak tak jenuh ini terdapat pada ikan dan kacang-kacangan.

Hindari Kolestrol dengan Tidak Makan SeaFood
Kuncinya adalah konsumsi dalam jumlah wajar karena seafood memang mengandung kolesterol. Kadar kolesterol dalam tubuh sebagian besar dipengaruhi oleh lemak jenuh dan trans fatty acid. Keduanya ini terdapat dalam daging merah dan makanan kemasan olahan. Trans fatty acid terdapat di snack kemasan, gorengan, atau margarin yang berisi minyak hydrogenated.

Diet Karbohidrat Menurunkan Berat Badan
Pesan utama diet rendah karbohidrat adalah karbohidrat mempercepat produksi insulin yang ujung-ujungnya akan menambah berat badan. Namun, membatasi asupannya secara berlebihan bisa membuat tubuh kekurangan karbohidrat untuk kegiatan harian. Akibatnya, tubuh akan membakar cadangan karbohidrat untuk energi, dengan melepaskan air. Itulah sebabnya Anda kehilangan banyak air ketika diet rendah karbohidrat.

Kacang – Kacangan Mengandung Lemak Jahat
Memang benar kacang-kacangan tinggi kalori. Asal tak berlebihan, kacang-kacangan baik untuk kesehatan karena mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda.

Ibu Hamil Harus Makan untuk Dua Orang
Kebutuhan energi setiap orang itu berbeda. Rekomendasi tambahan gizi untuk ibu hamil adalah 100 kilo kalori untuk trimester pertama dan 300 kilo kalori untuk trimester kedua. Contohnya, tambahan kudapan sebelum tidur untuk ibu hamil adalah buah, yoghurt, dan beberapa potong biskuit.

Tidak makan malam membantu menurunkan berat badan
Banyak orang berpikir, makan lebih sedikit berarti mempercepat penurunan berat badan. Mereka tidak tahu, ketika tak makan, tubuh berpikir kita sedang kelaparan dan karenanya memperlambat proses metabolisme. Kita pun cenderung makan banyak sesudah melewati waktu makan. Karena itu, jangan lewatkan waktu makan. Cara yang sehat adalah makan sering tetapi dalam porsi kecil agar gula darah terus seimbang.

Daging merah tidak baik untuk kesehatan
Memang benar daging merah meningkatkan risiko penyakit jantung karena kandungan lemak jenuhnya. Padahal, daging putih juga mengandung lemak jenuh. Seporsi daging sapi sirloin atau babi tenderloin mengandung lemak jenuh lebih sedikit daripada paha ayam dengan kulit. Jangan makan daging ayam dengan kulitnya. Pilih daging sapi tanpa lemak agar tidak menambah kandungan lemak jenuh dalam tubuh.

Harus minum 8 gelas per hari
Anggapan minum delapan gelas setiap hari dimulai di tahun 1945 ketika Nutrition Board of the National Research merekomendasikan tubuh membutuhkan sekitar delapan gelas per hari agar kesehatan lebih optimal. Banyak orang yang salah persepsi mengenai anggapan ini. Para ahli menjelaskan bahwa cairan bisa meliputi minuman kopi, jus, minuman ringan lainnya dan makanan yang mengandung air. Jadi bukan 8 gelas per hari air putih.

Tidak sarapan agar bisa menurunkan berat badan
Makan secara teratur berarti metabolisme Anda bekerja keras dan membakar kalori saat memutar makanan yang Anda sudah makan menjadi energi. Bila Anda tidak makan, justru kalori lebih sedikit yang dibakar. Semakin Anda menahan lapar, semakin lambat metabolisme tubuh, sehingga sistem pembakaran kalori kurang efektif. Selain itu, menahan makan justru akhirnya membuat Anda makan lebih banyak dan akhirnya Anda menambahkan kalori ekstra dalam tubuh Anda yang sama sekali tidak bermanfaat.

Kita hanya menggunakan 10 persen otak kita
Faktanya kita menggunakan semua potensi otak kita, hanya saja tidak sekaligus. Sejumlah penelitian pencitraan otak menunjukkan bahwa tidak ada satu bagian di otak yang benar-benar tidak bekerja.

Sendi berbunyi ‘krak’ menyebabkan radang sendi
Ketika merenggangkan sendi atau buku-buku tulang kita sering mendengar bunyi ‘krak’. Hal ini disebabkan adanya gelembung udara kecil yang meledak. Banyak orang mengira jika kebiasaan ini diteruskan bisa menyebabkan radang sendi. Namun hingga kini belum ada bukti yang menunjukkan bahwa hal tersebut berbahaya.

Cokelat dan makanan yang digoreng bisa menyebabkan jerawat
Jerawat terjadi ketika kelenjar minyak di bawah kulit memproduksi minyak yang disebut sebum terlalu banyak. Ketika sebum dan sel-sel kulit mati memblokir pori-pori, kulit menjadi teriritasi, bengkak dan berubah merah, yang merupakan tanda-tanda jerawat.

Tidak diketahui mengapa kelenjar sebaceous menghasilkan sebum berlebihan, namun hormon adalah tersangka utama, yang menjelaskan mengapa remaja lebih mudah berjerawat. Stres dan keturunan juga dapat menjadi faktor, tapi tidak ada kaitan antara jerawat dengan cokelat atau pun makanan yang digoreng.

Kopi membuat orang terjaga
Kafein pada kopi bertindak sebagai stimulan dan melawan efek penenang. Hal ini dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Untuk beberapa orang, efek ini dianggap dapat membuatnya tetap terjaga dan menghilangkan kantuk. Namun penelitian di Inggris mengungkapkan efek tersebut sebenarnya hanya sugesti.
Para peneliti menyebutnya efek balikan (withdrawal effect), yang didapat karena minum kopi di malam hari. Ketika tubuh menjadi tidak bugar saat bangun pagi, sebenarnya kopi hanya mengembalikannya ke kondisi normal, bukan lebih segar seperti yang dirasakan.

Udara dingin bisa menyebabkan pilek
Pilek dan flu disebabkan oleh virus (lebih dari 200 jenis yang berbeda), bukan udara dingin. Udara dingin tidak akan merusak kekebalan tubuh seseorang kecuali ia mengalami hipotermia. Hal yang membuat seseorang terkena flu saat musim dingin adalah pada kondisi ini orang lebih sering berada di dalam rumah sehingga virus cenderung terkurung di ruang tertutup dan mudah menular.

Ngemil Malam Hari
Mitos yang beredar di masyarakat makan makanan yang berat ataupun ringan di malam hari dapat menyebabkan kegemukan. Padahal kenyataannya, jika Anda memakan lebih banyak kalori tanpa membakarnya, itu yang menyebabkan kegemukan. Tidak peduli pagi, siang, atau bahkan malam, jika Anda memasukkan sedikit kalori dalam tubuh atau memasukkan banyak kalori namun banyak juga membakarnya, tubuh Anda tidak akan melar.

Daging Kalkun Bikin Ngantuk
Kalkun sering disalahkan jika mengalami ngantukusai makan malam. Padahal hal ini tidak sepenuhnya benar. Dalam daging kalkun memang mengandung L-tryptophan, asam amino esensial yang menyebabkan tidur. L-tryptophan juga dapat dirubah menjadi serotonin dan melatonin, neurotransmitter yang menimbulkan efek menenangkan dan mengatur tidur. Tetapi L-tryptophan bisa diproduksi jika perut dalam keadaan kosong tanpa adanya asam amino dan protein lain. Sedangkan kalkun tidak hanya mengandung L-tryptophan tetapi juga mengandung asam amino dan protein lain, sehingga ia tidak akan membuat Anda mengantuk.

Sakit Punggung
Sakit punggung adalah penyakit yang hampir setiap orang pernah mengalaminya. Namun benarkah jika sakit punggung, maka kita diharuskan untuk melakukan bed rest alias istirahat total di atas tempat tidur? Penelitian mengatakan bahwa istirahat total hanya akan memperlambat proses penyembuhan. Tidak hanya pada sakit punggung, pada sakit yang lainnya-pun sebaiknya tidak ditanggulangi dengan bed rest. Lakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa, maka kesembuhan yang Anda inginkan akan cepat terwujud.

Terapi Kanker
Apa yang Anda lakukan jika Anda didakwa menderita kanker? Pasti yang ada dalam benak Anda adalah pengobatan yang menyakitkan dengan harapan sembuh yang tipis. Tetapi Anda patut bersyukur, karena itu dulu. Karena pengobatan sekarang lebih canggih dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan. Sehingga yang tadinya 90% pasien kanker meninggal, sekarang 80% pasien kanker dinyatakan sembuh. Wah..hebat bukan?

Demam Ketika Bayi Tumbuh Gigi
Seorang ibu pasti tahu betul tentang mitos ini. Tapi benarkah setiap bayi yang sedang tumbuh gigi akan mengalami demam? Penelitian dibidang kesehatan belum menemukan adanya hubungan sebab akibat dalam proses tumbuh gigi bayi. Jikalau benar bayi mengalami demam pada saat tumbuh gigi, para ibu diharapkan untuk cemas dan segera membawa si bayi ke dokter untuk menanyakan penyebab sesungguhnya.

Anda adalah seorang yang gemar menggeretakkan jari, kepala atau bahkan tulang dada? Maka Anda perlu sedikit demi sedikit mengurangi atau bahkan menghilangkannya mulai sekarang. Bukan karena kebiasaan itu membuat Arthritis, tetapi karena dapat menyebabkan gelembung udara yang terbentuk antara kantong di dalam sendi meletus. Kantong-kantong ini membantu bantalan udara di antara tulang dan menjaganya tetap licin. Dan rasa enak yang ditimbulkan setelah melakukan itu, murni psikotis, seperti yang diungkapkan James Applegate, seorang dokter keluarga di Grand Rapids, Michigan.

Menelan Permen Karet
Permen karet bersifat lengket dan tidak mudah disobek. Naman benarkah jika ia masuk dalam perut kita, dia tetap lengket? Ternyata salah. Permen karet tidak akan menempel pada usus kita seperti kata orang tua pada umumnya, melainkan dia akan bersama makanan yang kita makan melewati saluran pencernaan kemudian keluar bersama kotoran sisa pencernaan. Jadi, tidak perlu menunggu hingga 7 tahun untuk dapat melihat permen karet yang Anda telan muncul kembali di dunia. Hehe..

Suhu Tubuh
Dahulu, orang beranggapan bahwa tubuh kita kehilangan lebih banyak panas tubuh melalui kepala, namun dunia kemiliteran membuktikan bahwa hal itu salah. Coba perhatikan bagaimana tertutupnya pakaian tentara tetapi tidak begitu dengan kepala mereka. Hal ini disebabkan tubuh kita kehilangan 10% panas tubuh dari kepala kita namun kehilangan 90%-nya dari bagian tubuh yang lain. Jadi, bukan kepala yang menyebabkan panas tubuh hilang.

Gula Membuat Hiperaktif
Siapa bilang gula dapat menyebabkan anak – anak hiperaktif? Dokter anak dan Ahli Gizi dari berbagai negara menyebutkan belum adanya penelitian yang membuktikan bahwa gula dapat menyebabkan anak menjadi hiperaktif.
“Tidak ada studi yang menunjukkan bahwa gula dalam makanan bisa membuat anak-anak menjadi terlalu aktif atau membuatnya memiliki defisit perhatian,” ujar Dr Kleinman, seorang profesor pediatrik dari Harvard Medical School di Boston, seperti dikutip dari Health.Ninemsn.
Jadi gula belum terbukti menyebabkan anak hiperaktif, justru gula dapat memberi energi dan ketenangan pada anak-anak jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu.

 Sekian tentang Mitos yang Keliru Seputar Kesehatan. Semoga bermanfaat :)

Share this to

Facebook Google+ Twitter Digg

Tagged as: ,

GET UPDATES

Jangan sampai ketinggalan update terbaru. Subscribe dan dapatkan update langsung via email

Tentang Penulis

Ngurah Jaya Antara

BACA JUGA

Comments
0 Comments

0 comments:

TIPS KESEHATAN TERBARU

ARTIKEL KEPERAWATAN

TUTORIAL BLOGGER

VIEWER

MEMBER

© 2011-2014 Ngurah Jaya Antara. All rights reserved. Theme by Bloggertheme9
Blogger templates. Powered by Blogger.
back to top